Minggu, 01 Mei 2011

ROTI PUN BANYAK JENISNYA


Secara garis besar ada dua jenis roti yang ada di pasaran, yaitu brown bread dan white bread.
BROWN BREAD
Jenis roti yang menggunakan tepung berserat tinggi, seperti whole wheat atau tepung rye. Brown bread secara kasat mata memang berwarana kecoklatan, meski tidak semua roti bewarna coklat masuk dalam kategori ini.
a.       Nordlander
Merupakan roti keras dari Jerman yang terbuat dari campuran tepung rye dengan biji bunga matahari dan kacang-kacangan cincang, atau kismis dan manisan kulit jeruk. Roti ini bercita rasa gurih berkat campuran kacang-kacangan di dalam adonannya.
b.      Whole wheat
Dikenal dengan istilah roti gandum karena terbuat dari tepung gandum yang masih mengandung bran dan bagian berlemak (germ). Makanya, roti whole wheat rasanya lebih gurih, namun juga lebih mudah tengik. Tepung gandum bisa diasosiasikan dengan beras merah yang masih mengandung lapisan kulit arid an serat tinggi.
 WHOLE WHEAT
c.       Rye Bread

Roti yang dibuat dari tepung rye, sejenis tanaman serealia mirip gandum. Roti ini berserat tinggi dan meiliki aroma khas yang lebih kuat dari roti gandum. Penggunaan tepung rye membuat volume roti tidak mengembang sebesar roti yang tebuat dari tepung terigu atau gandum.

RYE BREAD
d.       Pain De Campagne

Jenis roti keras asal Perancis ini disebut juga country bread. Dibuat dari tepung terigu, adonan biang, air dan garam. Roti ini dibuat dengan campuran tepung terigu dan tepung rye atau tepung whole wheat. Irisan roti ini biasa disantap sebagai sandwich isian daging asap.

PAIN DE CAMPAGNE

WHITE BREAD

Jenis roti yang masuk dalam kategori ini paling umum kita kenal. Terbuat dari tepung terigu yang berwarna putih. Kandungan serat dan nutrisi lainnya dalam roti ini otomatis tidak sedasyat brown bread.

a.       Toast bread

Merupakan istilah untuk roti tawar yang kita kenal dengan tepung terigu sebagai bahan utamanya. Bertekstur halus dan empuk, bahkan tak sedikit yang milky, berkat tambahan susu didalam adonannya. Dalam variasinya, toast bread sering dimodifikasi dengan pasta pandan (sehingga menjadi berwarna hijau), ditambahkan kismis atau ditambah chocolate chips.

TOAST BREAD

b.      Baguette

Roti Perancis ini sangat khas dengan bentuknya yang seperti tongkat panjang. Kini, baguette populer, khususnya sejak dibukanya tempat makan yang menyajikan sandwich ala Vietnam.

BAGUETTE

c.       Focaccia

Jenis roti Italia ini cukup populer di Indonesia. Biasanya, permukaan focaccia disemir dengan minyak zaitundan ditaburi irisan biji zaitun dan rempah daun aromatic. Adonan roti ini mirip adonan pizza.

FOCACCIA

(DIKUTIP DARI MAJALAH FEMINA NO.10/XXXIX 12 MARET 2011

2 komentar: