Senin, 16 Mei 2011

Definisi Bangsa

Definisi-definisi bangsa berkisar dari yang menekankan faktor-faktor "objektif" seperti agama, adat, wilayah, institusi, sampai definisi yang sepenuhnya menekankan faktor-faktor "subjektif" seperti sikap, persepsi, dan sentimen.
a. Definisi yang menekankan faktor objektif, disampaikan oleh Josep Stalin yang mengatakan bahwa "Suatu bangsa yang tebentuk secara historis merupakan komunitas rakyat yang stabil yang  terbentuk atas dasar kesamaan bahasa, wilayah, kehidupan ekonomi, serta perasaan psikologis yang terwujud dalam budaya bersama".
b. Definisi yang menekankan faktor "subjektif" disampaikan oleh Benedict Anderson, yang mengatakan bahwa "Bangsa adalah suatu komunitas politik yang terbayang dalam wilayah yang jelas batasnya dan berdaulat". Sedangkan menurut Anthony D. Smith bangsa adalah suatu komunitas manusia yang memiliki nama,  menguasai suatu tanah air, memilki mitos-mitos dan sejarah bersama, budaya publik bersama, perekonomian pertama dan hak dan kewajiban bersama bagi semua anggotanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar