Sabtu, 07 April 2012

menulis Esai


Esai merupakan karangan yang berbentuk prosa. Biasanya tidak terlalu panjang dan mengupas suatu topik yang terbatas lingkupnya atau karangan yang berusaha mendorong pembaca untuk menerima suatu pandangan tertentu. 

Sebuah esai  yang baik hendaknya berisikan: (1) pendapat atau pandangan, (2) pembuktian atas pandangan tersebut, dan (3) fakta atau contoh sebagai pendukungnya.
Esai terdiri dari beberapa macam, yaitu menurut bentuknya dan menurut tujuannya.

Esai menurut bentuknya:
1.      Esai formal (Formal Essay)
Adalah esai yang tujuan dan situasinya resmi, misalnya mengupas tentang topk yang ditujukan kepada pembaca yang serius. Di sini penulis penulis harus mengupas secara ilmiah sehingga gaya penulisannya pun mengikuti aturan penulisan yang formal dan sistematis.
2.      Esai informal (Informal Essay)
Adalah esai yang tujuan dan situasinya tidak resmi, melainkan santai, misalnya mengupas sesuatu kepada pemca umum. Penulis akan menuliskan secara familier, ringan, dan bisa juga dibubuhi humor.
3.      Esai kritik
Adalah esai yang menilai baik buruk, manfaat tidaknya, kelebihan dan kekurangan suatu karya. Misalnya, seseorang yang hendak menulis kritik tentang suatu karya sastra, ia dapat membicarakan dan menilai berbagai unsur pembentuk karya sastra tersebut, baik yang intrinsik maupun yang ekstrinsik.
4.      Esai cerita
Adalah esai yang bertujuan menghadirkan barang, orang atau sesuatu yang dilukiskan itu di depan angan-angan pembaca sehingga pembaca seperti melihat bentuknya, mendengar suaranya, merasakan kelembutannya, mencecap kemanisan atau kepahitannya, mencium baunya. Jadi, barang, orang, atau sesuatu yang dilukiskan haruslah bersumber pada kesan utama yang hendak disampaikan kepada pembacanya.

Esai menurut tujuannya:
1.      Esai argumentatif
Bertujuan menyakinkan pembaca untuk menerima ide, pandangan, sikap, atas kepercayaan penulis.
2.      Esai paparan
Bertujuan menjelaskan atau memaparkan suatu hal kepada pembaca.
3.      Esai lukisan
Bertujuan menggambarkan atau melukiskan sesuatu kepada pembaca sehingga pembaca memahami hal yang disampaikan.
4.      Esai ajakan
Bertujuan untuk mengajak pembaca agar mengikuti pendapat yang disampaikan penulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar