Rabu, 03 Agustus 2011

ONLINE SHOPPING

Setiap hari transaksi antar Negara berlangsung begitu genjar. Orang di Jepang bias belanja dari Afrika dengan begitu mudah. Sepanjang kita punya akses internet dan kartu kredit , kita dapat melakukan transaksi ini yang lebih dikenal dengan sebutan online shopping . online shopping dalam negeri bisa juga dilakukan tanpa kartu kredit, melainkan dengan mentransfer sejumlah uang ke rekening toko atau pemilik toko.

Gue sendiri pernah melakukan online shopping beberapa bulan lalu. Awalnya sih emang sempet ragu karena katanya banyak juga kejadian-kejadian jelek menyangkut online shopping ini, mulai dari barang yang tidak sesuai dengan deskripsi barang yg ditawarkan si penjual lah, barang yang dipesan ga dikirim lah, sampe keterlambatan dan tetek-bengek yang berkaitan dengan birokrasi pembayaran. Iii ngebayangin itu jadi takut juga yaa
Tapi syukur Alhamdulillah haha , sudah empat kali gue belanja dengan transaksi kayak gini barang yang dikirim sesuai deskripsi dan syukur ga kejadian yang ditakutin diatas tadi (jangan sampe deh, amit2). Yaaa walopun barang yang gue beli sih harganya ga terlalu besar #tapi nyesek klo sampe ditipu, soalnya belinya pake duit sendiri haha
Pertama kali gue online shopping sekitar tahun 2010 tapi lupa kapannya, waktu itu barang yang gue beli adalah tas. Ini tas bukan tas biasa karena selain modelnya yang beda dari yang lain tas ini juga#menurut ge, limited :P . mau tau tas kayak apa sih yang gue beli? Namanya Randoseru, hm baru denger ya? Gue juga sebenernya baru tau kalau tas berbentuk kotak yang sering kita liat dikartun2 Jepang atau diserial Jepang namanya itu haha, setelah gue searching di google make kata kunci tas nobita. Kebetulan disalah satu blog yang gue buka lagi restock tas itu dengan harga 195ribu , WAAw, buat gue sih sebenernya itu lumayan mahal untuk sebuah tas yang ukurannya sekitar 30cm dengan lebar 26cm, mungkin cuma bias masukkin buku tulis dan dompet doang. Tapi ya emang gue penasaraan banget #limited gitu loh. Akhirnya gue mutusin buat ngontek CPnya dan langsung pesen. Nyokap sih agak ngelarang karena menurut dia tas kotak gitu emangnya pantes apah dipake, lagipula dia takut kena modus kejahatan didunia maya haha. Setelah transfer sejumlah uang yangdiminta plus ongkirnya, agak ketar-ketir juga udah 3hari kok barangnya belum sampe, eh akhirnya terbayar juga ketar-ketir gue dengan datangnya tukang kurir yang bawain kiriman tas itu dari Bandung #lebeee. 


Itu pengalamn pertama gue online shopping J. Lanjut ke online shopping lainnya ya , gue friend-an si situs facebook sama salah satu toko online yang menjual jam tangan. Kebetulan waktu itu si toko ngetag beberapa koleksi jamnya kea kun gue , hm gue tertarik sama salah satu jamnya yang bermerk ripcurl holy strap. Harganya sekitar 75ribu plus ongkir 5ribu ke rumah gue, kebetulan ade gua juga minat untuk beli merk yang sama tapi beda model namaya ripcurl aurora. Jadi deh kita beli dan transfer sejumlah uangnya, hm emang ga asli sih jamnya tapi kata yang jual mah itu KWSuper (gue gatau deh apa bedanya ama KW1,2,3 -.-‘). Setelah 2 hari transfer jamnya nyampe rumah. Kalau udah dibeli buat apah coba kalo ga dipake , pas ke kampus ya langsung gue pake dong. Eh eh ternyata ada juga yang make jam percis banget sama yang beli ade gue, pas gue Tanya katanya sih harganya dibawah gocap .glek! padahal ade gue beli seharga 80ribu loh #hm mungkin yang punya temen itu KW yg lain kali haha. 


Pengalaman berikutnya gue beli kacamata yang katanya bisa ngurangin ketergantungan kita pake kacamata (plus ato minus). Gue emang udah make kacamat sejak duduk di SMP, ada yang jual kacamata itu ya kebetulan banget, kali aja gitu minus gue bias berkurang syukur2 bisa lepas kacamata. Sekali lagi gue dapet info ini dari jejaring soial facebook haha. Nyokap setuju buat bayarin ini kacamata yang harganya hm 60ribu J. Setellah pesen transfer dan sampe kerumah dengan selamat haha, norak deh langsung dipake. Agak sulit juga sih, coz bentuknya itu ga kayak kacamata biasa. Warnanya item ga terbuat dari kaca tapi kayak dari plastik gitu #tapi tebel, banyak lubangnya gitu deh. Kata yang jual sih kita harus fokus di satu titik, emang bener perasaan jadi lebih jelas mau negilat apa juga haha. Kacamata ini dianjurkan dipake saat nonton tv atau lagi baca buku,  Tapi sekarang udah jarang banget gue pake, abisan pegel kalo mesti fokus mulu disatu titik laipula guenya sering lupa buat make itu.


Pengalam online shopping gue yang keempat adalah #jengjengjeng :D , baru aja nyampe tuh barang hari senin tanggal 1 kemaren haha. Cerita dulu ah kenapa gue beli itu. Gue itu dari SMP udah suka banget sama korea drama selain karena aktor dan aktrisnya yang cakep2 dan cantik2, cerita yang bagus unik dan menarik, setting tempanya pun bagus banget. Sampe printilan gaya rambut, baju, cara makan, cara ngomongnya jadi suatu seni tersendiri saat nonton K-Drama haha. Nah barang yang gue beli online shopping itu ada diantara yg tadi disebutin #ga mungkin klo gue beli aktornya haha, yang gue beli itu sendok plus sumpit ‘Korea’ yang bentuknya unik beda dari sendok yang kita pake sehari-hari, bentuk ujung untuk nyendoknya itu lebih bulet udah gitu bentuk tangkainya pun lebih panjang sekitar 21cm. sumpitnya pun begitu, panjang sekitar 21cm dan bentuknya agak pipih #ga bullet. Awal gue search di google eh ketemu lalu catet CPnya, nanya2 pesen deh. Harganya lumayan juga RP.37.500 plusongkir 5ribu J. Bakalan gue pake makan sehari-hari ah, walopun belum bisa ke Korea tapi bisalah pake alat makan dari Korea #maksa haha .

Itu sedikit pengalaman gue ber-online shopping ria yang alhamdulillah gada masalah apapun J semoga online shopping lainnya pun begitu . amin !

Ini beberapa trik memilih pelanggan yang baik saat online shopping yang gue dapet dari salah satu majalah. Diantaranya yaitu:
1.    1.  Lakukanlah transaksi hanya dengan pedagang yang bereputasi baik, apalagi jika kalu membeli dari perorangan, bukan perusahaan.
2.     2.  Carilah pedagang yang bias dikontrak di dunia nyata, bukan hanya di internet. Mintalah alamat rumah/kantor serta nomor telepon yang lengkap.
3.   3.   Jangan terkecoh dengan tampilan situs yang keren.
4.    4.  Waspadalah bila melakukan pembelian dari pihak-pihak yang berdomisili diluar negeeri.
5.   5.   Baca dengan cermat kebijakan jual-beli dan kebijakan pengembalian barang sebelum kamu melakukan transaksi.
6.    6.  Gunakan jasa pembayaran internet yang aman dan layak untuk mendapatkan perlindungan dari penipuan.
Gunakan Situs yang aman
1.   1.  Pastikan kamu menggunakan situs yang aman sebelum kamu memasukkan informasi kartu kredit. Cari apakah tercantum simbol gembok di pojok kanan bawah browser serta alamat situs yang diawali dengan ‘https://’.
2. 2.   Jika kamu menggunakan teknologi browser terbaru, dan toko online menerapkan keamanan situs terbaru (dikenal dengan nama Extended Validation SSL Certificate), kolom alamat di browser kamu akan berubah menjadi hijau. Itu artinya kamu aman berbelanja.
3.  3.   Simbol gembok harus ada, tapi itu tidak menjamin otomatis keamanan transaksi. Kliklah simbol itu untuk mengecek kebenaran identitas pedagang. Cek apakah sertifikat pedagang tidak kadarluasa dan alamatnya benar.
4.   4.  Jangan terkecoh dengan simbol gembok yang muncul disebuah situs. Sangat mudah bagi penipu untuk mengkopi simbol itu. Yang perlu kamu lakukan adalah mencari simbol gembok di dalam kolom browser itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar