Sabtu, 27 November 2010

Manajemen Sistem Informasi dalam Organisasi Berbasis Komputer

PENDAHULUAN
Sesungguhnya yang dimaksud sistem informasi tidak harus melibatkan komputer, sistem informasi yang menggunakan komputer biasa disebut sistem informasi berbasis komputer (computer based information system atau CBIS), tetapi dalam prakteknya sistem informasi lebih sering dikait-kaitkan dengan komputer. Manajemen sumber informasi atau biasa desebut dengan information recourses management (IRM) merupakan perencanaan formal untuk manajemen informasi yang berguna untuk manajemen puncak dari suatu perusahaan yang berguna untuk mengetahui penciptaan sumber informasi dan pengelolaanya.


TINJAUAN PUSTAKA
Walkinson (1999) menguraikan sistem dengan sebuah kerangka (framework) yang terintegrasi satu atau beberapa tujuan. Sistem akan mengkoordinasikan sumber daya yang diperlukan untuk mengolah memasukkan menjadi keluaran atau hasil.



PEMBAHASAN
Sistem informasi berbasis computer (computer based information system) atau CBIS sendiri digunakan untuk membantu manajer dalam memecahkan masalah dan membuat keputusan, berdasarkan informasi yang diolah oleh pengolah informasi.
Setiap subsistem CBIS melalui proses evolusi yang disebut siklus hidup system. Tahap-tahap dari siklus hidup system yaitu:
-          Perencanaan
-          Analisis
-          Rancangan
-          Penerapan
-          Penggunaan



Perencanaan formal untuk manajemen informasi ini disebut Information Reseurces management (IRM) atau manajemen sumber informasi. Jika sebuah perusahaan menerapkan IRM, maka harus ada tiga unsur utama, yaitu:
1. Eksekutif puncak bagian komputer melaporkan secara langsung kepada pimpinan dan ia diberi titel Chief Information Officer (CIO) atau kepala bagian informasi.
2. CIO turut ambil bagian dengan eksekutif lain dalam menyusunan rencana jangka panjang untuk organisasi.
3. Salah satu rencana jangka panjang tersebut harus dibuat agar kebutuhan informasi dapat memberi kepuasan pelayanan melalui komputerisasi personal (mikrokomputer), dengan penggunaan komputer remote dari terminal, penggunaan kompurisasi terpusat.
IRM adalah kebijaksanaan yang bersifat formal terhadap manajemen sumber informasi, dan akan menjadikankeadaan yang dinamis dan bahkan kondisi yang lebih baik dalam penggunaan komputer.

KESIMPULAN
Pemanfaatan manajemen sumber informasi dalam organisaasi berbasis computer di suatu perusahan sangat lahpenting, teerlebih lagi bagi manjemen puncak untuk mengetahui penciptaan informasi dan pengolahannya.

REFRENSI
www.detik.com______. 2005. Road Show Workshop TI Mengenal Lebih Dekat Teknologi Informasi.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar