Sabtu, 30 Oktober 2010

PERDAGANGAN ELEKTRONIK


PENDAHULUAN
                Perdagangan elektronik memanfaatkan jaringan internet untuk mempermudah para produsen dan konsumen dalam bertransaksi. Perdagangan elektronik ini sering disebut dengan e-commerce atau elektronik dagang.

PENJELASAN
Perkembangan teknologi informasi saat ini menyebebkan terjadinya perubahan kultur kita sehari-hari. Di era ini, media elektronik menjadi salah satu media andalan untuk melakukan transaksi bisnis dan komunikasi. Salah satu car yang mulai di lirik adalah sarana internetnya, bentuk nyata dari bisnis yang memanfaatkan internet tersebut adalah e-commerce.
E-commerce sendiri berasal dari layanan EDI (Electronic Data Interchange), layanan EDI ini telah berkembang sedemikian pesatnya di negara-negara yang mempunyai jaringan komputer dan telepon.Jika sebelumnya kita telah sering menggunakan media elektronik seperti telepon, fax, hingga handphone untuk melakukan perniagaan / perdagangan, sekarang ini, kita dapat menggunakan internet untuk melakukan perniagaan. E-Commerce memiliki beberapa jenis, yaitu:
·         Business to business (B2B):
Bisnis antara perusahaan dengan perusahaan lain
·         Business to consumer (B2C):
Retail, sifatnya melayani pelanggan yang bervariasi
·         Consumer to consumer (C2C):
Sifatnya lelang (auction)
·         Government: G2G, G2B, G2C.

     Teknologi Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik
Pilihan Teknologi :
1. Sambungan Langsung (direct connectivity), bekerja sama dengan penyedia jasa telekomunikasi.
2. Jaringan Bernilai Tambah ( value-added network), jaringan ini disediakan oleh penjual yang bukan hanya menyediakan sirkuit tetapi juga menyediakan banyak jasa yang diperlukan untuk menggunakan sirkuit itu bagi EDI.
3. Internet, memungkinkan suatu jaringan komunikasi global yang tidak hanya menghubungkan para mitra dagang tetapi juga mencakup para pelanggan.

     Adapun beberapa manfaat dari perdagangan elektronik ,yaitu :
1. Pelayanan pelanggan lebih baik
2. Hubungan pemasok dan masyarakat keuangan yang lebih baik
3. pengembalian investasi pemegang saham dan pemilik meningkat
    
    Namun kendala dari perdagangan elektronik diantaranya :
1. Biaya tinggi
2. Masalah keamanan
3. Perangkat lunak yang belum mapan atau tidak tersedia


KESIMPULAN
                Pemanfaatan perdagangan elektronik masa kini sangat membantu sekali dalam melakukan berbagai transaksi perdagangan , karena konsumen tidak perlu lagi repot-repot untuk pergi ke pasar konvensional untuk melihat dan membeli barang yang diinginkan secara langsung melainkan bias dilakukan kapan saja dengan jaringan internet.

SARAN
                Peningkatan keamanan dalam perdangan elektronik adalah yang paling di prioritaskan oleh konsumen. Oleh sebab itu, diperlukan kerjasama yang baik dalam membangun kinerja perdaganan yang baik.

REFERENSI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar