Rabu, 29 September 2010

Tipe Bombay, Golongan Darah Istimewa

Tipe Bombay, golongan darah istimewa

Umumnya orang hanya mengenal golongan darah A, B, AB dan O (ABO). Golongan darah O diketahui yang paling banyak dimiliki manusia, yang paling sedikit adalah golongan darah AB. Tak heran golongan ini disebut langka.
Setiap golongan darah memiliki sel darah dengan antigen masing-masing. Golongan darah A memiliki sel darah antigen A, golongan darah B dengan sel darah antigen B dan AB dengan antigen A dan antigen B. Sedangkan golongan darah O tidak memilki antigen.
Namun ternyata ada golongan darah lain yang tergolong istimewa. Namanya golongan darah Bombay (Bombay Type Blood). Darah ini sangat langka, hanya berbanding 1 dari 250.000 orang, tak heran tergolong darah istimewa. Dan dinamakan darah Bombay lantaran ditemukan di Bhende Bombay, India pada tahun 1952.
Golongan darah ini tidak memiliki ekspresi antigen system ABO di permukaan sel darahnya. Jika di periksa dengan system biasa maka yang akan muncul adalah golongan darah O, tetapi pada kenyataannya tidak bisa menerima transfuse dari golongan darah O, karena sebenarnya memang berbeda. Jadi, bila anda memilki golongan darah Bombay, disarankan untuk menabung darah sendiri sedikit demi sedikit, karena bila sewaktu-waktu membutuhkan, bisa segera mendapatkannya. Di samping itu, juga mungkin bisa membantu orang lain. (Majalah Tempo).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar